Informasi Produk

The California bearing ratio (CBR)

The California bearing ratio (CBR) adalah uji penetrasi untuk evaluasi kekuatan mekanik ground, subgrades dan basecouries alami di bawah konstruksi jalur kereta baru. Ini dikembangkan oleh Departemen Perhubungan California sebelum Perang Dunia II.

Uji lokasi dasar dilakukan dengan mengukur tekanan yang dibutuhkan untuk menembus tanah atau agregat dengan plunger area standar. Tekanan yang terukur kemudian dibagi dengan tekanan yang dibutuhkan untuk mencapai penetrasi yang sama pada material batu hancur standar. Uji CBR dijelaskan dalam Standar ASTM D1883-05 (untuk sampel yang disiapkan laboratorium) dan D4429 (untuk tanah di tempat di lapangan), dan AASHTO T193. Uji CBR sepenuhnya dijelaskan di BS 1377: Tanah untuk tujuan teknik sipil: Bagian 4, Pengujian terkait pemadatan, dan pada Bagian 9: Uji in-situ.

Peringkat CBR dikembangkan untuk mengukur kapasitas beban-beban tanah yang digunakan untuk membangun jalan. CBR juga dapat digunakan untuk mengukur kapasitas bantalan beban landasan udara yang tidak diperbaiki atau untuk tanah di bawah landasan paving. Semakin keras permukaan, semakin tinggi rating CBR. CBR dari 3 sama dengan lahan pertanian yang digarap, CBR 4,75 setara dengan tanah gambut atau tanah liat lembab, sementara pasir lembab mungkin memiliki CBR 10. Batu hancur berkualitas tinggi memiliki CBR lebih dari 80. Bahan standar untuk pengujian ini adalah batu kapur California yang hancur. Yang memiliki nilai 100, artinya tidak biasa melihat nilai CBR lebih dari 100 di area yang dipadatkan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *